Multimedia
multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara,
animasi ,atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna komputer Ada dua jenis multimedia yaitu multimedia linear (tetap) dan multimedia
interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif, pengguna diberikan
fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang
tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur
dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka
Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh mudah multimedia
linear adalah media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu
interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang
dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari
komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah
sesuai keinginan. Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang merancang dan
membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
Tujuan Dasar Multimedia
Pemanfaatan multimedia
memiliki tujuan-tujuan dasar sebagai berikut,
- Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
- Mendorong partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
- Merancang panca indra, karena bersifat visual
- Memberikan kemudahan pemakaian.
Elemen – elemen Multimedia
Sebuah multimedia yang
baik dan mudah dipahami, dibutuhkan elemen-elemen yang mampu menyampaikan
sebuah informasi kepada mengguna multimedia tersebut.
Elemen – elemen tersebut
antara lain :
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang paling sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media teks antara lain plain text, rich format text, dan hyper text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII.
Plain text tidak
terenkripsi maupun informasi yang di-embeddi dalamnya.
Rich format text merupakan
sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RFT mampu
menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf
miring, paragraf, dan lain-lain.
Hypertext,
biasanya text yang bersifat saling terhubung (Linking), dan non linear,
contohnya adalah HTML dan XML
2. Animasi
Animasi adalah bentuk
gambar yang bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian
dan terus-menurus sehingga menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak.
Animasi lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.
3. Grafik
Grafik sangat baik
dalam mengilustrasikan suatu informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto,
hasil scanner maupun bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga
dimensi. Berdasarkan pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam
yaitu :
- Grafik Bitmap
- Grafik Vektor
4. Gambar
Gambar merupakan
suatu objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non teks) atau
konsep yang berbentuk kode yang tidak berelasi dengan waktu. Gambar terbagi
tiga jenis yaitu visible image, non visible image dan abstract
image.
- Visible image : gambar yang terlihat seperti lukisan , foto
- Non visible image : suatu objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur lainnya
- Abstrak : gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika
5. Suara
Pengunaan suara atau
audio ke dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak
mungkin diberikan oleh media informasi seperti gambar, grafik ataupun teks. Contohnya
untuk menginformasikan bagaimana bunyi desiran angin tentu tidak bisa
didepskripsikan oleh teks. Ada tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik
dan efek suara. Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI
dan WAVE.
MIDI ( Musical
Instrument Digital Interface) merupakan jenis format suara yang berasal
dari instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak dapat memainkan
atau merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara manusia, suara tetesa
air dan lain-lain
WAVE merupakan jenis
format musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis
suara apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.
6. Video
Video seperti layaknya
animasi namun video lebih cenderung hasil karya dari adegan dunia nyata yang
direkam secara langsung. Dalam video terkandung juga elemen multimedia
lainnya seperti gambar , suara dan tulisan. Dibanding dengan elemen lainnya ,
video menyuguhkan informasi lebih lengkap dan menarik.
Konsep Dasar Warna dalam Multimedia
RGB (Red, Green, Blue)
Warna RGB adalah model
warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam
tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan
fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna
latar belakang komputer adalah hitam.
CMYK ( Cyan Maggenta Yellow Key)
CMYK (adalah kependekan
dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna utamanya (black-hitam),
dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan
mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan yang sering
dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk
menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap
tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak
yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari
singkatan tersebut.
Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memiliki
banyak manfaat dalam semua bidang kehidupan manusia. Di bidang bisnis,
multimedia dimanfaatkan sebagai iklan yang kreatif untuk menarik konsumen.
Selain itu dengan multimedia, informasi yang disampaikan menjadi lengkap dan
mudah dimengerti. Berikut ini pemanfaatan multimedia di berbagai bidang :
Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia dokter
dapat menganalisa penyakit pasien dan memantau kondisi pasien lewat detak
jantung, aliran darah, permukaan paru-paru melalui tampilan monitor .
Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh manusia dapat ditampilkan pada
layar monitor. Selain itu, objek-objek yang sangat kecil (berukuran nano)
dapat dilihat melalui mikroskop yang terhubung ke komputer. Hal lain yang dapat
dilakukan dengan pemanfaatan multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit
pasien, penggajian karyawan RS dan mengelola persediaan obat-obatan.
Bidang Pendidikan
Multimedia sangat
membantu dalam dunia pendidikan dikarenakan beberapa hal berikut :
- Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan dipelajari
- Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, system tata surya, bentuk gunung, dataran tinggi dan lainnya.
- Multimedia dapat menampilan animasi dari objek yang bergerak.
- Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.
Oleh karena hal-hal
tersebut, keuntungan dan manfaat multimedia di bidang pendidikan cukup banyak
antara lain :
- Multimedia dapat membantu siswa dalam mengingat dan mengerti pelajaran.
- Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.
- Multimedia dapat menampilkan dan memberikan pengetahuan secara teks maupun gambar animasi tentang objek-objek yang sulit kepada siswa.
- Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
- Multimedia dapat membuat siswa menjadi tertarik, senang pada pelajaran sehingga proses belajar siswa tidak membosankan.
- Multimedia dapat membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini.
- Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran.
- Multimedia dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, kooperatif, interaktif baik dengan guru maupun dengan siswa lain.
Bidang Bisnis
Multimedia mempunyai
peranan penting dalam bidang bisnis karena dapat digunakan sebagai alat
promosi. Dengan promosi yang inovatif , kreatif dan interaktif , daya
saing sebuah produk menjadi lebih tinggi. Multimedia memiliki
kelebihan untuk menarik indera dan minat, karena merupakan gabungan antara
pandangan, suara, dan gerakan. Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan
efektif dengan penampilkan sebuah iklan yang menarik dan mudah dimengerti.
Selain itu, multimedia juga digunakan dalam menampilkan grafik dan angka
perkembangan saham, jangkauan pemasaran , data rahasia perusahaann dan
informasi mengenai klien bisnis.
Bidang Teknik
Di bidang teknik,
multimedia dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi yang
berbasis teknik. Simulasi yang digunakan dapat menampilkan objek-objek dua
dimensi dan tiga dimensi yang dapat membantu di bidang teknik industri, mesin
dan sipil. Sementara di bidang elektro, multimedia dapat menampilkan objek
komponen beserta karakteristiknya serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi
rangkaian berupa tampilan gelombang , angka dan persamaan matematis.
Bidang Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Dalam matematika dan
penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modelling dan
simulasi. Sebuah objek (zat atau makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat
disimulasikan dalam bentuk model untuk diteliti dan dikembangkan. Objek-objek
tersebut dapat diteliti dengan mempelajari tekstur, ukuran, dimensi dan
karakternya dalam bentuk multimedia berupa gambar, animasi dan bahkan suara.
Bidang Seni dan Hiburan
Multimedia banyak
digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk memberikan efek
khusus suara dan gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga
dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk
mengkontrol gerak animasi dalam game. Di kehidupan sehari-hari multimedia
dimanfaatkan dengan penggunaan DVD player dan MP3/MP4 player yang
dapat menyuguhkan hiburan film, musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita
yang dimuat di televisi dan internet bukan hanya berupa teks namun berisi
gambar, video atau bahkan animasi dari sebuah simulasi kejadian.
Bidang Tranportasi dan Komunikasi
Di bidang Tranportasi,
multimedia digunakan untuk menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau
kapal laut. Pada navigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat
dan arah gerak kapal. Untuk sistem navigasi pesawat dapat ditentukan ketinggian
pesawat, kondisi cuaca dan kecepatan angin pada monitor sistem navigasi.
Sementara di darat, jalur kereta serta pergerakan kereta dapat dimonitoring
dalam suatu tampilan monitor di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan
multimedia , kita dapat mengetahui kondisi jalan dan posisi kita berada dalam
suatu sistem yang disebut GPS (Global Positioning System). GPS memungkinkan
pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS
Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan
koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. Informasi
yang didapat dari GPS dapat dilihat dan disimpan dalam ponsel atau komputer.
Multimedia dimanfaatkan
dalam bidang komunikasi untuk mempermudah manusia bertukar informasi. berbagai
macam objek dapat diolah dan dikirim dengan kemudahan melalui ponsel dan
komputer. Sebuah objek multimedia dapat dikirim dengan cepat dan mudah melalui
fasilitas MMS pada ponsel. Bahkan sekarang ponsel-ponsel berbasisandroid sangat
mudah dalam pengiriman pesan multimedia.
Multimedia Dalam Dunia Pendidikan
Pada artikel sebelumnya
telah dijelaskan secara singkat mengenai pemanfaatan multimedia di
berbagai bidang. Sama seperti pada artikel sebelumnya, pada artikel ini akan
dibahas mengenai pemanfaatan multimedia namun akan lebih fokus terhadap dunia
pendidikan. Perkembangan yang serba pesat menjadikan multimedia sebagai alat
penunjang untuk proses pembelajaran dan pendidikan bagi murid maupun pengajar.
Keberadaan multimedia sangat membantu dunia pendidikan karena dapat menjadikan
hal-hal yang rumit untuk dipelajari menjadi hal yang dekat, menarik dan mudah
dimengerti.
A. Manfaat Penggunaan Multimedia Pembelajaran
Manfaat multimedia di
dalam proses pembelajaran secara umum adalah dapat menciptakan suasana
interaktif pada siswa, meningkatkan kualitas belajar, meningkatkan daya tarik,
kemauan, imajinasi siswa pada mata pelajaran yang rumit, dan proses pemahaman
serta pendalaman materi menjadi lebih cepat dan efektif.
Berikut adalah
faktor-faktor keunggulan multimedia sebagai alat pembelajaran :
- Dapat menampilkan secara visual baik dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau objek yang sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion, molekul, mikro organisme, sel dan lain-lain.
- Dapat menampilkan secara visual dan audio dalam bentuk animasi, gambar atau video sebuah objek yang besar dan jauh seperti hewan buas, bentuk permukaan bumi (gunung, sungai dan lain-lain) dan benda luar angkasa (planet,satelit).
- Dapat menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.
- Dapat menyajikan bentuk animasi dan simulasi dari benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti bencana alam (gempa, gunung berapi) dan peristiwa perang.
- Dapat menyajikan berbagai simulasi yang rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.
B. Karakteristik dan Fungsi Multimedia Pembelajaran
Karakteristik
multimedia pembelajaran adalah:
- Memiliki lebih dari satu elemen multimedia yang konvergen, misalnya menggabungkan elemen teks, grafik dan audio.
- Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
- Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan oran lain.
- Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
- Mampu merangsang respon siswa agar lebih kuat, cepat dan cerdas.
- Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
- Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
- Mampu memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan respon baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.
- Dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menarik dan imajinatif maka siswa akan lebih mudah mengerti, mengingat dan memahami pelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa siswa akan lebih cepat dalam menerima materi apabila tercipta suasana yang menyenangkan karena suatu yang menyenangkan akan selalu diingat dan disimpan di memori seseorang.
C. Fungsi Element Multimedia dalam Dunia Pendidikan
1. Teks
Bentuk teks sangat
efektif untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan secara verbal, merangsang
daya kognitif. Biasanya teks dikombinasikan dengan gambar membentuk suatu
tutorial. Tutorial memberikan materi selayaknya guru atau dosen yang berisikan
materi, konsep dan pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
2. Audio
Audio sangat baik dalam
memberikan motivasi dan materi yang bersifat mendidik. Pada dasarnya siswa
cenderung lebih cepat menerima pelajaran dari bentuk suara dibanding bacaan.
Audio sangat efektif untuk memancing perhatian, menumbuhkan daya imajinasi
dan menambah atau membentuk suasana jadi hidup.
3.Grafis dan Gambar
Bentuk gambar dan grafik
lebih mudah dalam mengklasifikasi dan mengidentifikasi objek.
Gambar membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.
4. Animasi
Dengan animasi , siswa
dalam belajar materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan dibayangkan.
Animasi biasa berbentuk simulasi, eksperiment atau prosedur. Dengan animasi ,
siswa mudah mengerti dan memahami suatu proses yang sulit diterjemahkan oleh
teks dan gambar seperti proses pembelahan sel, proses kimiawi dan lain-lainnya.
5. Video
Melalui video , siswa
mampu mempelajari keadaan riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian.
Siswa dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk
melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video
disampaikan melalui media seperti televisi. Video mampu menunjukkan
dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama
sisi dengan bantuan jangka).
D. Keuntungan Multimedia Bidang Pendidikan
- Materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit dannyata, sehingga mudah dimengerti dan dipahami siswa dan pengajar.
- Multimedia dapat mengatasi kendala ruang dan waktu. Siswa yang belum memahami materi dapat mengulang materi tersebut di rumah sama persis dengan yang dibahas dalam kelompok.
- Materi pelajaran yang disajikan akan memberikan kesan yang mendalam pada diri siswa karena proses balajar yang menarik dan menyenangkan.
- Multimedia dapat menciptakan suasana yang interaktif baik antar siswa maupun siswa dengan guru atau pengajar.
- Pengunaan multimedia yang tepat akan dapat merangsang berbagai macam perkembangan kecerdasan pada siswa lebih dini.
Multimedia Dalam Aplikasi Umum
Pengaruh multimedia
sangat besar dan berkembang secara pesat di masyarakat umum. Hal ini
dikarenakan kemudahan yang ditawarkan multimedia pada semua bidang kehidupan
manusia. Dengan multimedia, informasi yang ingin disampaikan akan lebih jelas,
menarik, mudah dan efektif. Selain itu penggunaan multimedia cukup mudah
untuk dipelajari bagi masyarakat awam sekalipun. Jika diamati lebih lanjut,
dewasa ini masyarakat bahkan lebih cerdas dalam mengunakan multimedia.
Kemudahan multimedia membuat masyarakat lebih tertarik menggunakan jasa
internet untuk memasang iklan atau bahkan belanja On-line. Pembeli
tidak perlu repot pergi keluar rumah untuk mencari barang atau jasa yang
diinginkan. Di bidang pendidikan, guru tidak perlu repot-repot
mendemonstrasikan dengan gambar di papan tulis untuk menjelaskan suatu materi
pelajaran yang rumit dan sulit dijelaskan dengan kata-kata. Guru cukup
menggunakan proyektor yang terhubung dengan komputer atau laptop untuk memberikan
penjelasan melalui gambar, video dan animasi. Mudah dan menguntungkan bukan?
Kemudahan informasi yang
didapat dari media internet membuat masyarakat lebih memilih untuk mencari
berita dan artikel dari internet. Selain lebih menarik karena dilengkapi fasilitas
multimedia (video, gambar dan animasi), berita yang didapat dari internet
bersifat lebih up to date. Bukan hanya itu, membaca berita dari
internet akan lebih murah dibanding dengan cost yang dikeluarkan dari
membaca koran. Tentunya ini sangat baik dalam meningkatkan minat baca
masyarakat karena wacana atau berita yang disuguhkan tentu jauh lebih
beranimasi dan mudah dimengerti jika dibandingkan dengan wacana dari media
massa. Bisa dibayangkan tentunya mana yang lebih menarik antara berita yang
menyajikan teks dan gambar saja dibandingkan dengan berita yang menghadirkan
teks , gambar, suara, video, simulasi kejadian dan animasi-animasi
cerdas. Tentu dengan bijak masyarakat akan memilih opsi kedua.
Dibalik
kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari keberadaan multimedia dan internet
tentu ada sisi negatif. Dari sisi negatif inilah yang apabila masyarakat tidak
cerdas untuk menghindarinya akan menimbulkan masalah bagi mereka sendiri.
Beberapa hal negatif yang diakibatkan dari penyalahgunaan multimedia internet
antara lain penipuan,pornografi, perjudian, pembobolan rekening dan lain-lain.
Tentunya diwajibkan untuk masyarakat lebih cerdas dalam penggunaan multimedia
dan internet. Selain media internet,
masyarakat dapat memanfaatkan televisi untuk mendapatkan informasi dan hiburan.
Televisi juga termasuk salah satu alat multimedia, bukan? Dari televisi
masyarakat dapat menikmati berbagai jenis element multimedia seperti
video, gambar , suara dan teks. Dari televisi , masyarakat dapat menikmati
hiburan dan mendapatkan ilmu pengetahuan. Namun dengan adanya televisi
terkadang orang menjadi lupa waktu dan mudah terpengaruh akan
cerita-cerita yang ditayangkan. Hal tersebut dapat menyebabkan kebodohan. Sama
seperti halnya televisi, internet pun dapat membuat orang lupa waktu dan
menjadi bodoh.
Multimedia dan internet ,
antara keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat dan sangat dibutuhkan
masyarakat dalam era yang serba cepat dan tepat. Multimedia dimanfaatkan para
pelaku bisnis untuk iklan , pemasaran, demo produk dan katalog. untuk lebih
jelasnya akan dijajabarkan beberapa aplikasi umum menggunakan multimedia.
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam
bisnis meliputi periklanan, pemasaran, presentasi, demo produk, database, dan
komunikasi jaringan. Selain itu ada pelaku bisnis tetap dapat melakukan diskusi
dengan rekan bisnisnya dengan memanfaatkan video conference, yang memungkinkan adanya tatap
muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi
multimedia inilah, perusahaan – perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih
lancar.
2. Pendidikan
Dengan multimedia , guru
dapat menggunakan tutorial yang berisi gambar, video , animasi dan wacana untuk
memberikan materi. Dengan cara seperti ini mengubah proses belajar
mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga
proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton. Selain itu ada juga fasilitas
simulasi dan E-learning yang dapat membantu siswa dan pengajar dalam
mensimulasikan hal-hal yang sulit.
3. Rumah
Di rumah banyak media
elektronik yang dapat menyuguhkan elemen -elemen multimedia antara lain
televisi, DVD player, VDC player, video game ( Playstation, Sega,
Nintendo, X box), dan komputer tentunya. Penggunaan multimedia di rumah selain
untuk hiburan yang positif yaitu untuk media pembelajaran serta media pemersatu
anggota keluarga. Dengan menonton TV atau video bersama- sama dengan semua
anggota keluarga ( Orang tua dan anak) tentu akan mendekatkan ikatan keluarga
serta membantu pengawasan dalam penggunaan multimedia.
4. Tempat umum
Melalui internet dan
fasilitas multimedia , masyarakat akan dengan mudah menemukan informasi suatu
tempat umum baik secara letak, kondisi jalan dan kondisi cuaca. Selain
itu, aplikasi multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi
seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat
hiburan dan sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk
memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan.
http://slowisnotsmart.blogspot.co.id/2015/09/konsep-dasar-multimedia.html
http://slowisnotsmart.blogspot.co.id/2015/09/konsep-dasar-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar