Evolusi Arsitektur Komputer
A. Pengertian
Komputer
Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada
awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
B. Fungsi Komputer
- Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana, yaitu:
- Fungsi Operasi Pengolahan Data
- Fungsi Operasi Penyimpanan Data Fungsi Operasi Pemindahan Data
- Fungsi Operasi Kontrol
Arsitektur Komputer
Sebuah
sistem komputer yang berkaitan dengan aribut-atribut sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram
yang berdampak langsung dengan eksekusi
logis sebuah program.
Alat
pengolah data bisa digolongkan ke dalam 4 kelompok besar:
- Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
- Peralatan Mekanik : yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
- Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
- Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Perkembangan Komputer
KOMPUTER
GENERASI PERTAMA (1941 – 1956)
- Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
- Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman.
- Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja di IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Mesin tersebut beroperasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah).
- Electronic Numerical Integrator and Komputer (ENIAC), dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer
ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer
serbaguna (general purpose computer)
yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
- John von
Neumann (1903-1957) mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk
menampung baik program ataupun data.
Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi
komputer untuk dikoordinasikan melalui
satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC
I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat
oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
KARAKTERISTIK
KOMPUTER GENERASI PERTAMA
- Penggunaan tabung vakum dalam sirkuit elektronik dan mercury delay lines sebagai memory.
- Drum Magnetik sebagai media penyimpan internal utama.
- Kapasitas penyimpanan utama yang terbatas (1000 – 4000 bytes)
- Pemrograman bahasa symbol tingkat rendah.
- Problem panas dan pemeliharaan.
- Aplikasi : perhitungan sains, pemrosesan payroll, penyimpanan record.
- Waktu siklus : milidetik
- Kecepatan pemrosesan : 2000 instruksi per detik.
KOMPUTER
GENERASI KEDUA (1956 – 1964)
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada
tahun 1956. IBM membuat komputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer
bernama LARC dengan menggunakan transistor. Pada awal 1960-an, mulai
bermunculan komputer generasi kedua yang sukses
di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Salah satu
contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di
kalangan industri.
Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language
(COBOL) dan Formula
Translator (FORTRAN) mulai digunakan. Bahasa pemrograman
ini menggantikan kode
mesin yang rumit
dengan kata-kata, kalimat,
dan formula matematika yang lebih mudah
dipahami oleh manusia.
KARAKTERISTIK KOMPUTER GENERASI KEDUA
- Penggunaan transistor untuk operasi internal.
- Magnetic core sebagai media penyimpan internal utama.
- Mempunyai kapasitas penyimpanan lebih banyak (4K – 32K)
- I/O lebih cepat, orientasi pita
- Bahasa pemrograman tingkat tinggi (Cobol, Fortran, Algol)
- Penurunan panas.
- Waktu siklus mikrodetik
- Kecepatan pemrosesan : 1 juta instruksi per detik (mips)
KOMPUTER GENERASI KETIGA (1965 – 1971)
IBM S/360
IBM S/360
IBM S/360 yang dirancang untuk bisnis dan teknik.
GE 600 dan GE 235
GE 600 dan GE 235
General Electric mengeluarkan GE 600 dan GE 235.
NCR Century
NCR Century
National Cash Register mengeluarkan NCR seri Century
Beberapa perkembangan dari komputer generasi ketiga dari
pendahulunya :
- Integrated Circuit (IC) mulai menggantikan sirkuit transistor.
- Memory semikonduktor menggantikan magnetic core sebagai memory internal utama.
- Teknik Microprogramming mulai digunakan untuk menyederhanakan rancangan prosessor dan meningkatkan fleksibilitas.
- Diperkenalkan teknik pemrosesan parallel, termasuk pipelining, multiprogramming dan multiprocessing
- Menggunakan catu daya bersama.
CIRI CIRI KOMPUTER GENERASI KETIGA.
- Menggunakan sirkuit terintegrasi.
- Magnetic core dan penyimpanan utama yang padat (32K – 3 Mbyte)
- Lebih fleksibel dengan I/0 ; berorientasi disk.
- Ukuran lebih kecil, unjuk kerja lebih baik dan handal.
- Penggunaan bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih luas.
- Muncul komputer mini.
- Pemrosesan jarak jauh dan time sharing melalui jaringan komunikasi.
- Tersedianya perangkat lunak sistem operasi untuk mengontrol I/O.
- Waktu siklus ; nano detik
- kecepatan pemrosesan ; 10 mips.
KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1972 – 1989)
Komponen utama adalah IC. Large Scale Integration (LSI)
dapat memuat ratusan komponen dalam
sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very
Large Scale Integration (VLSI) memuat
ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah
tersebut menjadi jutaan. Chip Intel 4004
yang dibuat pada tahun 1971 membawa
kemajuan pada IC
dengan meletakkan seluruh
komponen dari sebuah komputer (central
processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah
chip yang sangat kecil. Komputer mini dengan fasilitas image
mulai dikembangkan dengan ditunjang oleh
software.
KARAKTERISTIK KOMPUTER GENERASI KE EMPAT
- Menggunaan large scale integrated circuit.
- Peningkatan kapasitas penyimpanan (lebih 3 Mbyte) dan kecepatan.
- Dukungan dari bahasa pemrograman yang lebih kompleks.
- Perangkat I/O semakin meningkat sehingga mendukung peripheral lainnya.
- Penggunaan minikomputer, mikroprosessor, dan mikrokomputer.
- Aplikasi ; simulasi model matematika, komunikasi data.
- Kecepatan pemrosesan ; 100 mips sampai 1 bips
KOMPUTER GENERASI KELIMA
Pada komputer generasi kelima, perkembangan diutamakan
pada pengolahan citra (image processing),
multimedia dan komunikasi data. Dengan semakin
pesat perkembangan networking, perkembangan terpacu pada konsep
parallel computing, data clustering dan
Grid Computing.
Paralelisme pada suatu komputer dapat diklasifikasikan
pada beberapa tingkatan :
- Tingkat Pekerjaan, ini menjadi prinsip dari multiprogramming.
- Tingkat Prosedur, biasanya terdapat pada prosedur-prosedur bahasa pemrograman.
- Tingkat Instruksi, fase-fase sebuah instruksi, yaitu fetch, decode, dan eksekusi suatu instruksi.
- Tingkat Aritmatika dan bit, bit-bit dalam sirkuit aritmatika, missal adder.
Konsep Paralel Cumputing & Data Clustering
Beberapa komputer dihubungkan dengan konsep network
- Masing-masing komputer memiliki protocol tersendiri yang berbeda satu sama lainnya.
- Untuk membentuk superkomputer dipakai konsep data clustering, dimana masing-masing komputer mengolah beberapa data yang berbeda beda. Selanjutnya pada sebuah sistem akan didapat penggabungan dari beberapa data yang telah diolah oleh masing masing komputer.
Grid Computing
Konsep paralelisme komputer yang lebih luas disebut
sebagai grid computing, dimana
didalamnya sudah terdapat embedded sistem, clustering sistem, individual
sistem, maupun data communication.
Grid
Computing menggunakan prinsip bahwa masing-masing sistem dapat berkomunikasi satu sama lainnya tanpa batas,
karena seluruh sistem terhubung secara
matriks.
Aplikasi
dari grid computing terlihat pada gambar diatas. Dalam suatu medan pertempuran, diperlukan
system yang canggih untuk mengoperasikan
perangkat militer, terutama untuk komunikasi antar system.
Klasifikasi Arsitektur Komputer
Pada komputer terdapat berbagai
klasifikasinya dalam hal apapun. Setiap komputer tentunya memilik klasifikasi
masing-masing. Disini membahas mengenai klasifikasi arsitekturnya menurut Von
Neumann dan Non Von Neumann.
Kriteria mesin Von Neumann :
- Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah I/O sistem.
- Merupakan stored-program computer
- Menjalankan instruksi secara berurutan
- Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
Pada tahun 1966, Flyyn
mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
- Jumlah prosesor
- Jumlah program yang dapat dijalankan
- Struktur memori
Menurut Flyyn ada 4 klasifikasi
komputer :
- SISD (Single Instruction Stream, Single Data Stream)
- SIMD (Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
- MISD (Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
- MIMD (Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Kualitas Arsitektur Komputer
Kualitas arsitektur komputer
merupakan suatu yang menentukan komputer itu baik atau tidak. Komputer
dikatakan baik jika memiliki kualitas yang baik dalam hal apapun. Begitu juga
komputer dikatakan tidak baik jika komputer tersebut tidak dapat memenuhi apa
yg diperintahkan atau diinginkan pengguna. Hal yang dipenuhi inilah yang
disebut dengan kualitas. Adapun kualitas arsitektur komputer yaitu :
Generalitas
Generalitas
Generalitas adalah ukuran
besarnya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur. dan komputer
yang terutama digunakan untuk aplikasi bisnis menggunakan aritmetik decimal.
Sistem umum memberikan dua jenis aritmetik.
Daya Terap
Daya Terap
Daya terap (applicability) adalah
pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya.
Efisiensi
Efisiensi
Efisiensi adalah ukuran rata-rata
jumlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa
Salah satu sifat arsitektur yang efisien adalah bahwa ia secara relatif
cenderung sederhana. Karena untuk merancang sistem yang kompleks secara benar
begitu sulit, maka kebanyakan komputer mempunyai sebuah komputer inti (core
computer) efisien yang sederhana, yaitu CU.
Kemudahan Penggunaan
Kemudahan Penggunaan
Kemudahan penggunaan arsitektur
adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem untuk mengembangkan atau
membuat software untuk arsitektur tersebut, misalnya sistem pengoperasiannya
atau compilernya.
Daya Terap
Daya Terap
Daya terap arsitektur adalah ukuran kemudahan
bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur
itu) dalam jangkauan yang luas. Pada Apple Macintosh atau IBM PC AT,
spesifIkasi arsitekturnya jauh lebih lengkap, sehingga semua implementasi
hampir sama.
Daya Kembang
Daya Kembang
Daya kembang (expandability)
adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur,
misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya.
Keberhasilan Arsitektur Komputer
1.Manfaat Arsitektural
Ada empat ukuran pokok yang
menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya
(architectural merit) :
- Daya terap Sebaiknya, arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
- Daya tempa. Bila arsitekturlebih mudah membangunsistem yang kecil, maka ia akan lebih baik.
- Daya kembang. Lebih besar daya kembang arsitektur dalam daya komputasi,ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka ia kan lebih baik.
- Kompatibilitas (daya serasi-pasang).
3. Keberadaan model pemrograman
yang kompatibel don bisa dipahami. Beberapa komputer yang berparalel
tinggi begitu sulit untuk digunakan, sehingga ia hanya menjadi daya tarik bagi
para analis untuk menemukan cara baru untuk menggunakannya.
4. Kualitas implementasi awal.
Ada beberapa komputer yang
nampaknya merupakan mesin yang baik, yang mempunyai software dan sifat
operasional yang baik.
5. Kinerja Sistem
Kinerja sistem sebagian
ditentukan oleh kecepatan komputer. Untuk mengukur kinerja komputer, para
arsitek menjalankan serangakian program yang standart, yang disebut benchmark,pada
komputer. Benchmark ini memungkinkan arsitek untuk menentukan kecepatan relatif
dari semua komputer yang menjalankan benchmark tersebut dan menentukan
kecepatan absolute dari tiap komputer. Hasilnya bermanfaat bagi arsitek untuk
melaporkan kinerja sistem dengan menggunakan berbagai performance metrics
(metrik kinerja).
6. Biaya Sistem
Bagian pokok dari biaya sistem
computer adalah biaya peralatan logika dasarnya, yang sangat bervariasi dari
peralatan satu dengan yang lainnya. beberapa aplikasi dengan metrik
tersebut diperlukan adalah :
Reliabilitas (keandalan)
adalah sangat diperlukan oleh computer yang digunakan untuk mengontrol
penerbangan, mengontrol kearnanan instalasi nuklir, atau kegiatan apa saja yang
mempertaruhkan keselarnatan manusia.
Kemudahan
perbaikan khususnya penting bagi komputer yang mempunyai jumlah komponen
yang besar
sumber :
http://debyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/31390/handout1Organisasi+Komputer+Dasar.pdf
http://debyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/31390/handout1Organisasi+Komputer+Dasar.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar